Di Hatiku ada Cinta

 

Sahabat, ada sebuah ayat di dalam Al Qur’an… Surat Al Baqarah… ayat 256

tulisan arab surat albaqarah ayat 256

“Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar dari jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesunguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Mahamendengar lagi Mahamengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 256)

 

Tidak ada pemaksaaan dalam agama Islam. Tidak ada yang enak bila dilakukan dengan terpaksa. Bagaimana beribadah kepada Allah dengan terpaksa,apa gunanya?

Allah inginkan semua di dasari cinta. Salah satu sifat Allah adalah AL-WADUD, YANG MAHA MENCINTAI.

# Q.S. Hud (11) : 90

Dan mohonlah ampun kepada Rabb-mu (Allah) kemudian bertaubatlah kepada-Nya, sesungguhnya Rabb-ku Maha Mencintai hamba-hamba-Nya lagi Maha Pengasih.

Kebaikan Allah begitu banyaknya.. Apa yang kita lakukan atas kebaikan dan pemberianNya? Sebenarnya Allah tidak butuh kita membalas, tapi kitalah yang butuh.

Dalam hadits qudsi, Allah Ta’ala berfirman,

يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا زَادَ ذَلِكَ فِى مُلْكِى شَيْئًا يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَفْجَرِ قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِنْ مُلْكِى شَيْئًا

Wahai hamba-Ku, kalau orang-orang terdahulu dan yang terakhir di antara kalian, sekalian manusia dan jin, mereka itu bertaqwa seperti orang yang paling bertaqwa di antara kalian, tidak akan menambah kekuasaan-Ku sedikit pun. Jika orang-orang yang terdahulu dan yang terakhir di antara kalian, sekalian manusia dan jin, mereka itu berhati jahat seperti orang yang paling jahat di antara kalian, tidak akan mengurangi kekuasaan-Ku sedikit pun juga.” (HR. Muslim no. 2577)

 

## Q.S. Al Buruuj (85) : 13-14
إِنَّهُ هُوَ يُبْدِئُ وَيُعِيدُ﴿١٣﴾وَهُوَ الْغَفُورُ الْوَدُودُ

Sesungguhnya Dia-lah Yang menciptakan (makhluk) dari permulaan dan menghidupkannya (kembali). Dan Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Mencintai hamba-hamba-Nya.

 

### Q.S. AL Maidah (5) : 54

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari (meninggalkan) agamanya, maka kelak Allâh akan mendatangkan suatu kaum yang Allâh mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah-lembut terhadap orang-orang mu’min, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allâh, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allâh, diberikan-Nya kepada siap yang dihendaki-Nya, dan Allâh Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

 

Berbicara tentang cinta, karena cinta yang membuat dunia ini menjadi indah.

Dengan cinta…yang jauh menjadi dekat..
Dengan cinta…yang berat menjadi ringan..
Dengan cinta…lautan dibelah..gunung didaki..

Cinta…cinta yang membuat seseorang rela melakukan apapun demi yang dia cinta.

Bagaimana bila kita melakukan ibadah kepada Allah dikarenakan cinta?

Bagaimana bila penggerak segala sesuatu yang kita lakukan adalah cinta, dan cinta ini adalah cinta kepada Allah?

Sudahkah dihatimu ada cinta…cinta kepada sang Pencipta?

Sudahkah kau rasakan manisnya iman dan indahnya cinta kepada Sang Pemilik hatimu?

Simak pembahasannya di: https://soundcloud.com/balimengaji/di-hatiku-ada-cinta-ustadz-syafiq-riza-basalamah  dan  https://soundcloud.com/balimengaji/di-hatiku-ada-cinta-2-ustadz-syafiq-riza-basalamah

Dan resume kajian serupa dengan judul sedikit berbeda di:

https://oelpha.wordpress.com/2015/06/15/di-hatiku-ada-cinta-nya/

 

“Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

Semoga manfaat..
BarakaLlahu fiikum..

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s