“Sesungguhnya j…

“Sesungguhnya jabatan itu adalah beban di dunia dan penyesalan di akhirat nanti. Kecuali bagi orang-orang yang memperolehnya dengan cara yang benar dan melaksanakan kewajibannya sebaik-baiknya”

Berlembar-lembar halaman yang berisi kisah para Khalifah dan Sahabat RasuluLlah Sallallahu alaihi wasallam, sabda RasuluLlah Sallallahu alaihi wasallam tersebut di atas lah yang memberatkan hati ini.. Ditambah petuah / wasiat lainnya dari para Sahabat yang menekankan pelaksanaan kewajiban yang diemban tiap-tiap diri. Dan bahwa tiap-tiap diri akan diminta pertanggungjawaban atas perbuatannya, atas apa yang dipimpinnya, dan hasil perbuatannya..

Tak kurisaukan hak diri ini yang belum terpenuhi. Karena bila tak teraih adalah bentuk kasihNya dan bila tercukupi maka itu adalah rahmatNya. Tak kuragukan tiap ketentuan dan takdirNya.
Yang menciutkan hati ini adalah kewajiban-kewajiban yang belum terpenuhi. Kalau ada kewajiban yang tak kuketahui bahwa itu kewajibanku maka itu adalah kelalaianku dan bila ada kewajiban yang kuketahui namun tak kulaksanakan maka itu kedzaliman dan kefasikanku. Tak kuragukan azab dan siksa neraka yang ku tak kan dapat kuat menanggungnya  ada di hadapan.

Kulihat betapa banyak nikmat yang kuterima tanpa kuminta, syukurku belumlah purna sudah kunodai dengan menyia-nyiakan nikmat yang diberikanNya..
Dan sabda Nabi Sallallahu alaihi wasallam di atas, betapa kecil kemungkinan bahwa aku termasuk orang-orang yang dikecualikan.. Betapa kewajiban-kewajiban terkait posisi dan jabatan ini banyak yang kulalaikan..

“Ya ALLAH, tambahkan ilmu kepadaku untuk dapat memperbaiki semua salah diri”
“Ya ALLAH, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan pula aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolongku”
“Ya Rabb, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami”

 

Advertisements

One thought on ““Sesungguhnya j…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s