bukan untuk diingat…

berikut adalah pesan penuh cinta dari teladan terbaik seluruh ummat, yang semoga bisa kulaksanakan sepenuh tekad-semaksimal usaha-sesadar diri sebagai anak yang masih meliuk-liuk di jalan cintaNya, juga sebagai ibu yang kelak dipanuti anak2nya.. Layakkah kita meminta keshalehan anak tatkala kita sendiri belum menjalankan pesan Nabi tercinta kita.. Allaahumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, ya Allah mampukan kami meneladani RasuluLlah dan menjalankan pesan beliau menjaga hak-hakMu… pesan yang BUKAN UNTUK DIINGAT tapi dilaksanakan…

Inilah pesan Nabi Saw kepada Ibnu Abbas r.a., seorang sahabat Nabi Saw. Ketika itu Ibnu Abbas masih kecil dan sedang beranjak besar. Tetapi Nabi Saw mengajarkan kepadanya nasihat-nasihat yang apabila kita memeganginya dengan kokoh, meski kita sudah bukan anak-anak lagi, niscaya akan tumbuh penjagaan dalam diri kita sendiri. Kita berhati-hati dalam bertindak bukan karena khawatir terhadap mata yang memandang dan telinga yang mendengar dari manusia yang ada di sekeliling kita, melainkan karena yakin bahwa ke mana pun menghadapkan wajah, di sanalah ada Wajah Allah.

Agar dapat merasakan bagaimana pesan Nabi Saw kepada anak kecil, mari sejenak kita perhatikan dengan saksama pesan yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi berikut ini. Nabi Saw bersabda:

“Wahai anakku, sesungguhnya aku akan mengajarkanmu beberapa kata ini sebagai nasihat buatmu. Jagalah hak-hak Allah, niscaya Allah pasti akan menjagamu. Jagalah dirimu dari berbuat dosa terhadap Allah, niscaya Allah akan berada di hadapanmu. Apabila engkau menginginkan sesuatu, mintalah kepada Allah. Dan apabila engkau menginginkan pertolongan, mintalah pertolongan pada Allah. Ketahuilah bahwa apabila seluruh umat manusia berkumpul untuk memberi manfaat padamu, mereka tidak akan mampu melakukannya kecuali apa yang telah dituliskan oleh Allah di dalam takdirmu itu. Juga sebaliknya, apabila mereka berkumpul untuk mencelakai dirimu, niscaya mereka tidak akan mampu mencelakaimu sedikit pun kecuali atas kehendak Allah. Pena telah diangkat dan lembaran takdir telah kering.” (H.r. at-Tirmidzi)

Dalam riwayat lain, Nabi Saw bersabda:

“Jagalah hak-hak Allah, niscaya engkau akan mendapatkan Dia ada di hadapanmu. Kenalilah Allah ketika engkau berada dalam kelapangan, niscaya Allah pun akan mengingatmu ketika engkau berada dalam kesempitan. Ketahuilah bahwa segala sesuatu yang salah dalam dirimu tidak mesti engkau langsung mendapatkan hukuman-Nya. Dan juga apa-apa yang menimpa dirimu dalam bentuk musibah atau hukuman tidak berarti disebabkan oleh kesalahanmu. Ketahuilah bahwa pertolongan itu akan datang ketika engkau berada dalam kesabaran, dan bersama kesempitan akan ada kelapangan. Juga bersama kesulitan akan ada kemudahan.”

* Copy Paste dari FB ust. Mohammad Fauzil Adhim

+ ya Allah, sadarkan kami selalu untuk selalu mengingatMu, hidupkan kami selalu untuk selalu di jalan lurusMu…aamiin +

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s